21/07/2013

Sate Gule Spesial Lebaran

sate gule madura
sate edisi spesial lebaran
Halo para pelanggan sate, gimana ni puasa kalian? Puasa2 gini enak banget ya ngobrolin tentang kuliner (ngusap tisu di bibir). Nah ngomong2 tentang kuliner, kali ini aku akan bercerita tentang kuliner khas pulau garam, yaitu sate.

Yang kita bahas kali ini adalah sate spesial edisi lebaran (heh, lebarannya masih lama, cak). Di kampungku, Labuhan (salah satu desa di Kabupaten Sampang), sudah jadi tradisi kalo lebaran pasti bikin sate plus gulenya.

Beda, bener2 beda sate yang satu ini, entah kenapa rasanya kalo tiap rumah gak nyate (bikin sate) tuh seolah gak lengkap malem takbirannya.

Anehnya, malem takbiran belum ditentuin, kadang orang2 sudah pada nyate ni. Alhasil, ketika pengumuman dari pemerintah muncul (biasanya malem kan ya) dan ternyata besok harus puasa lagi (sedih deh sudah kadung nyate tapi gak jadi lebaran besoknya). Sisi positifnya, aku seneng makan sate gule dua hari berturut-turut, hho, tapi negatifnya aku bakal ngipasi sate2 lagi esoknya (capek euy) karena biasanya akulah petugas kipas2 sate di keluargaku.

Ini cerita kuliner malem lebaranku, sate gule spesial edisi lebaran, kalo di kampung temen2 apa? :D

Sumber gambar : www.sauskecap.com
(ternyata aku gak pernah moto sate gule lebaranku, akhirnya nyomot dari hasil googling deh, hhu)

26 comments:

  1. Sate kambing apa sate ayam mas? Aku paling suka sate kambing dengan bumbu kecap..tapi di Bandung, kadang sate kambing pake bumbu kacang hehehe. Kalo lebaran, ibuku senengnya bikin opor ayam kampung, karena klg besar, kadang lebaran bisa motong 3-4 ayam kampung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate daging sapi mas, ples bumbu kacang :)
      kalo dirumahku ayam jadi opor juga, tapi jarang disate

      Delete
    2. Gokil Tukang satenya... top markotop...

      Delete
    3. Gokil juga Belajar CorelDRAWnya, mantap tutorial2nya :)

      Delete
  2. aduhhh.. puasa2 nampak satay.. nampak sedap banget^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup dibayangkan dulu ya, makan satenya nanti waktu berbuka ;)

      Delete
  3. mantep tuh mas bagi dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalo lebaran silaturahmi ke sini, "cuma" 2 jam kok dari suramadu

      Delete
    2. dari cirebon berjam-jam mas hha :D

      Delete
    3. lebih afdol dari cirebon naek sepeda pancal, nyampe sampang pas lebaran ketupat mas, hha

      Delete
  4. mas miko, mana mas pasang lah iklan google adsense nya. aku pengen liat. punya aku kok di tolak terus aneh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang buka blog ini cuma orang lokal, bisa di banned ntar, eman mas

      Delete
  5. mas daftarnya pakai apa kok bisa di aprove?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar biasa ke gugel adsen mas
      (ni dari sate gule larinya kok ke gugel adsen ya, hhe)

      Delete
  6. Ckkkkc.. saya jadi kepingin pergi kesana ambil satenya Mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebaran maen aja ke Madura, "cuma" 2 jam kok dari suramadu, ahehe ^^'

      Delete
  7. untung aja baca post ini udah buka , kalo nggk bisa ngiler saya ngeliat itu foto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal ilernya gak nempel kibotnya mas, bisa korslet tar, uhuhu :p

      Delete
  8. hmmm...nyami :D
    keknya seru ya acara malam takbiran dkampung mas miko

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru dong, kalo kesini tak kasi bagian tukang kipas sate, biar aku ada shift2annya, hho :p

      Delete
  9. ini makanan favorit saya bro.
    beri saya 2 porsi sate kambing + gule
    dijamin bakal ludessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. boro2 dikasi, uda tak habisin duluan bro, hha
      kalo lebaran kesini, ikut ngipasi sate :p

      Delete
  10. Huahahha... Aku malah hampir gak pernah nyate di rumah. Soale ibukku gak begitu seneng nandangi sate. Mendingan tuku jarene. tapi nek panganan liyane gelem masak. Embuh kenopo. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah, la terus masakan spesial opo mas sing biasane digawe pas lebaran? aku wis ngiler iki bayangno sate lebaranku :)_

      Delete
  11. eh, abang tuh kampungnya di labuhan sreseh yaak?

    ReplyDelete